Jumat, 17 Agustus 2012

Whistle Voice (From www.mefsmanti.com)

Apa sih Whistle Voice itu? pasti sobat MEF  penasaran kan ? Kalau sobat MEF cari di alfalink atau kamus, atau nggak di 'mbah' google deh, arti dari 'whistle itu adalah peluit. Lho kok? Nggak percaya?Coba aja Mef'anz cari sendiri deh. Dari pada bertanya tanya langsung aja MEF kupas deh...
Register whistle (juga disebut register flageolet) adalah register phonational tertinggi, yang dalam kebanyakan penyanyi soprano dimulai di atas “C tinggi” (C6 atau 1,046.5 Hz) dan biasanya memanjang sampai sekitar dua D atas (D7 atau 2349,3 Hz).
Register ini memiliki produksi fisiologis khusus yang berbeda dari register lain, dan disebut whistle karena timbre dari nada-nada yang dihasilkan dari register ini terdengar mirip dengan peluit. Bagian bawah register whistle mungkin tumpang tindih bagian atas dari modal dan falsetto, sehingga memungkinkan bagi penyanyi untuk memproduksi nada-nada tinggi ini dengan cara/teknik yang berbeda. Namun, pada dasarnya whistle register paling sering digunakan untuk menghasilkan nada-nada C6 ke atas.
Seperti dengan register vokal lainnya, register whistle tidak dimulai pada titik yang sama dalam setiap suara, dan ada kasus-kasus langka yang dapat memperpanjang jangkauan whistle jauh lebih tinggi atau lebih rendah daripada batas yang tercantum di atas. Sebagai contoh, beberapa penyanyi opera bisa menyanyi sampai F “tinggi” (F6) atas C “tinggi” (C6) tanpa harus masuk/menggunakan whistle (hanya head voice/falsetto). Juga, jarang penyanyi seperti Georgia Brown dari Brasil, yang mampu menyanyikan sampai G10 (25087Hz), yang jauh lebih tinggi di dalam jangkauan whistle register yang biasa. Ada beberapa register yang perlu diketahui yaitu :
1. Vocal Fry — Untuk menembak nada-nada rendah/bass.
2. Modal Register — Ini semua orang punya!  Kalau kita menyanyi seperti biasa atau pakai chest voice, pakai register ini.
3. Head Voice / Falsetto — Untuk menjangkau nada-nada yang tidak bisa dijangkau chest voice.
4. Whistle Register —Suara Peluit yang paling tinggi ! Diatas HeadVoice dan Falsetto. Beda lho antara Whistle (C6 keatas)  dengan Falsetto.
So, sobat MEF udah pada tau kan. Oiya sobat MEF, penyanyi di Indonesia yang sudah berhasil mencapai teknik vocal Whistle Register adalah Agnes Monica. Melalui lagu 'Karena Kusanggup' dan 'Rindu' Ia berhasil memainkan teknik vocal whistle. Ia memasukkan "suara peluit" ini dibagian improvenya. Termasuk sebagai penyanyi dengan  suara tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 4 Oktaf. Keren yah. Oh iya sobat MEF , penyanyi-penyayi di luar negeri yang juga  bermain dengan teknik vocal Whistle adalah sebagai berikut :
 - Adam Lopez . Range Vocal : 8 Oktaf, Nada Terendah :G2 , Nada tertinggi :G10
 - Mariah Carey . Range Vocal : 5 Oktaf, Nada Terendah :G#2, Nada Tertinggi : G#7
 -Georgia Brown. Range Vocal : 8 Oktaf, Nada tertinggi :G8-G10
Agnes Monica
Wooow bayangin aja Mef'anz, begitu besarnya anugrah yang diberikan Tuhan kepada kita. Dengan suara setinggi itu tentu saja kita bisa membangunkan orang yang sedang tidur. hahaha. Oiya sobat, nggak semua orang mempunyai Whistle Voice yah. Dan nggak sembarang teriak untuk bisa memproduksi suara ini. Sobat MEF ingin berteriak sampai urat leher putus pun nggak akan bisa kalau nggak ada tekniknya.
Okay, semoga info ini bermanfaat yah sobat MEF.. Salam Prestasi. (@Didi_Taulany or Widi Lista Fadilah)

1 komentar: