Senin, 08 Juni 2015

MULAI POSTING LAGI...!

Semarang, 8 Juni 2015

Ya.. aku mulai menulis ini lagi, dan aku berada di Semarang sekarang. Aku sangat lelah hari ini. Setelah lama aku tidak memposting lagi di official blog ku sendiri... Sekarang aku memulai postingan dengan persiapanku untuk ke luar negeri. Ya, tanggal 12 Juni 2015 esok, aku akan bertolak dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Soekarno-Hatta International Airport - Kuala Lumpur International Airport.
Penerbanganku ke negeri Jiran ini sebenarnya tidak pernah direncanakan sebelumnya. Pada bulan Januari 2015 akhir ketika aku masih bekerja di PT.Naughty Accessories kemarin tepatnya tanggal 28  aku ditawari oleh Om ku untuk hijrah ke Malaysia. Sebelum itu aku sempat memikirkan lagi untuk meng-Iya kan tawaran dari om ku, tetapi setelah lama berfikir panjang, akhirnya aku meng- iyakan. Dan sampailah aku pada tahap sekarang ini. Aku juga akan berencana meneruskan studyku lagi di negara yang hubungannya dengan Indonesia selalu panas itu. Aku berencana ambil kuliah. Karena di negerinya dimana menara Petronas berdiri tersebut aku juga mengambil kerja. Dari hasil kerjaku itu, aku akan membiayai kuliahku sendiri disini.
Aku tidak mau merepotkan kedua orang tuaku. Ya, sekarang kedua orang tuaku divorce dan mengalami penurunan kondisi financial. Aku tidak pernah menyesalkan apapun yang pernah terjadi. ☺ Justru dari situ aku belajar banyak hal tentang kehidupan. Sebenarnya aku sudah mulai bekerja di usiaku yang ke-18 tahun di tahun 2014. Pada saat baru lulus SMA pun aku hijrah ke Yogyakarta dan aku sudah bekerja di salah satu perusahaan restoran ayam cepat saji yang terkenal seantero jagat itu. Di restoran itu aku dikontrak untuk 3 bulan  pertama, setelahnya aku tidak memperpanjang kontrakku karena aku kurang kerasan bekerja disitu, dan lagipula aku juga kurang suka dengan sistim kerjanya. Setelahnya aku menolak untuk melanjutkan kontrak dan resign dari sana. Setelah itu aku langsung bekerja direstoran masakan Indonesia yang juga terkenal. Disitu 2 bulan aku resign lagi. Alasannya karena fee nya buatku sangat kurang. Setelah itulah baru aku bekerja di toko Accessories kenamaan itu. Nah dari situ Om ku dan tanteku menjengukku karena kebetulan mereka sedang berlibur ke Yogyakarata dan hotel tempat mereka menginap bersebelahan dengan Mall tempatku bekerja dan berlanjut ke tawaran hijrah ke Malaysia.

Sekarang tanggal 08 Juni 2015, mama ku ulang tahun.. Usianya genap 40 tahun. Yang membuatku sedih sebenarnya adalah ketika pada saat lagi beliau ulang tahun itu justru aku harus pergi jauh. Tapi aku tau beliau selalu sabar dan selalu ikhlas. Ya, no matter what happen aku harus pergi juga. Dan inipun pengalamanku pertama ke luar negeri dan harus menetap. Rasanya sangat tidak biasa sekali buatku setelah hampir 20 tahun aku tinggal dan besar di Indonesia. Bayangkan saja, aku tidak mempunyai bayangan apapun bagaimana itu Malaysia, aku sendirian di belantara yang tak aku kenal, ya.. sebatangkara. Dan yang pasti, kondisi sosialnya, ekonominya, semuanya berbeda dengan di Indonesia, walau banyak yang bilang bahwa negaraku dengan negaranya Upin-Ipin itu serumpun. Buatku itu hanya pemikiran sempit semata. Kalau kita buka wawasan yang luas lagi, kondisinya real berbeda. Maybe disana lebih tight policy nya (rules-nya) dan kenyataanya saja mau diakui atau tidak, Indonesia tertinggal 20 tahun lamanya dari Malaysia, dilihat dari berbagai sisinya.

Rasanya campur aduk.. aku sedih dan bingung. Aku harus meninggalkan keluargaku begitu lama (Mama,Papa,Adek,dan Kakakku). Aku harus sendiri dan berpisah. Disamping itu mama ku bilang, aku harus bisa mencapai cita-citaku. Ya.. dengan ke luar negeri aku akan bisa berkuliah. Aku akan bisa meraih gelar sarjana. Kesempatan yang Tuhan kasih ke aku, tidak akan aku sia-siakan. Walau mama ku melarang ku untuk berkuliah disana, sebenarnya bukan melarang, tetapi beliau takut jika aku tidak sanggup untuk membiayai kuliahku sendiri disana. Karena biaya dari mana untuk itu semua? Adeku saja sekarang sedang dalam proses masuk ke perguruan tinggi juga. Aku hanya beda setahun dengan adikku. Tapi, aku tidak akan menyerah. I will fight till the end and never give up. Aku berencana untuk mengambil student loan disini. Tapi aku masih berfikir lagi. Karena untuk berhutang, jika itu berbunga mungkin akan menjadi sulit juga nantinya. Aku sudah menghitung biayanya.. untuk registrasi saja, sekitar RM.2000 itu included pengurusan visa belajar, setelah itu biaya per semester sekitar RM.3.500 kalo ambil degree selama 4 tahun berarti sekitar RM.28.000 ! Itu jumlah yang sangat besar. Kalau ambil student loan mungkin lebih dari segitu. Mungkin alternatif lainnya aku akan mengambil Universitas Terbuka disini.. dan mungkin itu yang cocok untukku. Biayanya pun terjangkau. Dan UT itu termasuk PTN.. disitu lebih flexibel jadwalnya sehingga tidak terlalu menghambat pekerjaanku juga disini. Aku baca di website Kedubes RI di KL  pendaftarannya bisa dilakukan disana. Jurusannya pun beragam, dan ada salah satu jurusan juga yang aku minati disana, yaitu Ilmu Komunikasi. Mungkin aku akan mempertimbangkan rencanaku yang kedua. Aku sudah membawa semua dokumen-dokumen pentingku, ya untuk mendaftar kuliah disana.  Aku harus bisa sarjana, dan aku harus bekerja keras. Aku tidak boleh merepotkan kedua orang tuaku lagi.

Aku mungkin sedikit lelah dengan cemoohan orang-orang diluar sana. Tapi aku bersyukur.. dengan itu, berarti Tuhan sedang melatih kesabaranku. Dan mama ku telah membuktikannya padaku. Seberapa kasarnya dan banyaknya omongan dari luar kita harus tetap bersabar. Mamaku telah mengajariku banyak hal. Dan jangan pernah dibalas dengan perbuatan yang jelek juga, tetapi kita buktikan dengan apa yang sudah kita raih.
Aku ingin menjadikan pengalamanku ini sebagai cerita yang bermanfaat untuk anak dan cucuku kelak.
Semoga ketika aku sudah kembali ke Indonesia kelak, aku bisa membahagiakan mama dan papa, bisa berguna dan menjadi contoh untuk orang banyak . Amin ☺


Tidak ada komentar:

Posting Komentar